Moving Average Jangka Pendek


Moving Durchschnitt Karena Markt tampaknya lagi nggak bersahabat, Ausbesserung kita luangkan waktu kita untuk belajar sedikit daripada stress mantengin harga saham terus. Kali ini Saya Akan membahas mengenai gleitenden Durchschnitt, Salah satu Teknik dasar dalam analisis teknikal untuk mengetahui apakah harga sebuah saham peluangnya Lebih besar untuk menguat, atau melemah. Ya ya Saya memang seorang analis grundlegende, tapi tentu saja saya juga ngerti analisis teknikal meskipun cuma dikit-dikit hehe. Moving Durchschnitt, sesuai artinya berarti 8216rata-rata yang bergerak8217. Apa itu Sama saja seperti rata-rata biasa, hanya diterapkan pada angang-angka yang berubah-ubah, sehingga rata-ratanya Wortspiel berubah-ubah (bergerak). Misalnya, Harga Penutupan Saham X Selama 5 Hari Perdagangan Terakhir (Satu Minggu) adalah 1.000, 1.100, 1.150, 1.100, dan 1.200. Maka kita bisa menyebut bahwa rata-rata harga saham x selama seminggu adalah semua angka-angka tersebut dijumlahkan (1,000 1,100 1,150 1,100 1,200), lalu dibagi lima. Hasilnya adalah 1,110. Nö, Ketika misalnya harga saham X Pada hari perdagangan berikutnya berubah Menjadi 1250, maka rata-ratanya pun berubah Menjadi: harga Yang Baru itu dimasukkan ke dalam perhitungan untuk mengganti harga yang paling terakhir (1250 dimasukkan dan 1000 dikeluarkan), sehingga Menjadi 1.100 1.150 1.100 1,200 1,250, lalu kembali dibagi lima, dan hasilnya 1,160. Dengan demikian, kita mendapatkan rata-ratanya telah bergerak, dari 1,110 menjadi 1,160. Dan begitu seterusnya, rata-ratanya selalu berubah-ubah mengikuti perubahan harga sahamnya, sehingga menjadi 8216rata-rata yang bergerak8217 atau gleitender durchschnitt. Beweglicher Durchschnitt (SMA), Gewichteter gleitender Durchschnitt (WMA), Dan Exponential Moving Average (EMA). Selain itu ada juga Kumulativer Gleitender Durchschnitt (CMA) und Modified Moving Average (MMA). Cara yang diulas diatas ada sma rata-rata bergerak sederhana, dengan periode 5 hari. Lala bagaimana cara menghitung WMA, EMA, dan Seterusnya Saya tidak Akan menjelaskannya Disini karena perhitungan matematisnya lumayan memusingkan. Yang Jelas, pergerakan WMA dan EMA lebih Antwortzeit terhadap pergerakan harga saham dibanding SMA. Tapi pada intinya sih ketiganya (Übersetzung: juga yang lainnya) sama saja. Maka Disini Yang Akan Kita Bahas Hanya SMA Saja. Apa kegunaan SMA Dan bagaimana cara menggunakannya SMA sangat efektif untuk memprediksi pergerakan saham dalam jangka pendek, terutama jika tipe saham tersebut memang memiliki likuiditas Yang baik dan fluktuasinya tajam namun wajar sehingga cocok untuk dianalisis dalam jangka pendek (contohnya MEDC). Kara-Yang-Biasa-Saya pakai-adalah dengan membandingkan SMA berperiode panjang. Dengan SMA berperiode pendek. Misalnya Pada grafik pergerakan MEDC Selama setahun terakhir, Saya kenakan dua SMA yaitu SMA dengan periode 50 hari, dan SMA dengan periode 20 hari (angka tersebut Saya pilih Secara acak, yang Penting satu angka Lebih gede Dari satunya lagi). Perhatikan gambar Berikut, klik untuk memperbesar: 1. Garis biru menunjukkan grafik pergerakan saham MEDC selama setahun terakhir. 2. Garis merah menunjukkan SMA dengan periode Lebih panjang yaitu 50 hari 3. Garis hijau menunjukkan SMA dengan periode Lebih pendek yaitu 20 hari Nö, begini caranya, perhatikan bagian Yang dilingkari: Setiap kali garis hijau dan merah Saling bersilangan dimana posisi garis merah Menjadi diatas Garis hijau, maka MEDC berpeluang menguat. Sebaliknya, Setiap kali garis hijau dan merah saling bersilangan dimana posisi garis merah menjadi dibawah garis hijau, maka MEDC berpeluang melemah. Perhatikan lingkaran Nr. 1. Sie haben noch keine Artikel in Ihrem Warenkorb. Dan Ternyata Tak Lama Kemudian MEDC menguat signifikan. Beberapa saat kemudian, giliran garis hijau yang terus bergerak naik secha akhirnya menyalip garis merah (lingkaran no.2). Saat itulah MEDC mulai bergerak turun. Tak berselang Lama kemudian, garis merah Kembali menyalip garis hijau (lingkaran No.3), dan saat itulah MEDC Kembali naik Meski sempat naik turun terlebih dahulu. Dan seterusnya. SMA efektif untuk memprediksi Waktu Yang tepat untuk kaufen, dan Waktu Yang tepat untuk sell (yaitu Ketika undeinem mengetahui bahwa saham Yang undeinem pegang Akan naik atau turun Secara signifikan). Artinya, setiap kali und ein melihat dua garis merah dan hijau ini saling bersilangan, maka saat itulah unda harus siap-siap untuk masuk atau keluar. Nam................................ Contohnya, perhatikan lingkaran Nr. 6. Disziplinarische Tafel bahwa garis merah menjadi dibawah garis hijau, yang berarti MEDC akan bergerak melemah. Dan esu memang benar, MEDC melemah tak lama Kemudian. Akan tetapi, MEDC langsung bergerak naik Secara Pešat tak Lama setelah melemah tersebut, padahal garis merah tidak Kembali bersilangan dengan garis hijau dan masih berada dibawah garis hijau. Ini menunjukkan bahwa pengamatan terhadap SMA saja belum cukup untuk menentukan apakah harga sebuah saham akan naik atau turun. Selain esu, SMA hanya efektif untuk digunakan pada saham yang memang cocoknya dianalisis untuk jangka pendek. Pada beberapa saham yang hanya cocok dianalisis untuk jangka panjang, penggunaan SMA ini kurang efektif, malah kadang-kadang keliru. Auf den Wunschzettel Auf die Vergleichsliste SMA ini hanya sebagai alat bantu. Untuk lebih menguatkan prediksi sagena mengenai apakah harga sebuah saham akan naik atau turun. Misalnya, dengan pertimbangan analisis grundlegenden dan psikologis dan lain-lain, saya memprediksi bahwa saham X akan menguat dalam waktu dekat ini. Agar lebih yakin, saya lalu menggunakan SMA. Ternyata, Diagramm memang menunjukkan bahwa garis merah dan hijau Saling bersilangan dimana garis merah Menjadi diatas garis hijau (dan biasanya memang hampir selalu seperti itu Jarang terjadi Saya memprediksi bahwa saham X Akan naik namun SMA justru menunjukkan sebaliknya.) Maka sayapun berkesimpulan: saham X Akan Menguat dalam waktu dekat Bagaimana cara untuk melihat garis SMA ini Unda bisa melihatnya dengan mudah di Yahoo Finanzen. Ketika undeinem Sedang Melihat grafik harga sebuah saham, klik Menü 8216Technical Indicators8217 Yang berada diatas grafik, lalu klik einfacher gleitender Durchschnitt, pilih berapa periode Yang undeinem inginkan (periode default-nya adalah 50), lalu klik Unentschieden. Unda bisa memasukkan sampai tiga garis SMA dengan tiga periode yang berbeda. Jika ada pertanyaan silahkan kirim E-Mail Danke Pak Teguh pelajaran yang cukup berharga. Wahhh, jadi ngerti sekarang mas teguh. Und ein menbeberkan analisa teknikal dgn sangat sederhana. Bagus sekali. Oya, saya pernah baca sedikit soal goldenes kreuz dan todeskreuz. Apa itu ya yg dimaksud dgn garis biru dan merah yg bersilangan. Trus kalo bullish verschlingenden itu apa ya, ams teguh. Er er er. Sori banyak nanya. Masih pemulanya pemula. Matur nuwun. Bisa ngga di isi link agar bisa saya teilen di konto facebook. biar semua org tahu ilmunya neh. keep teilen bro. Pak Sam bullish verschlingenden itu adalah keadaan dimana mietenang perubahan harga pada satu hari perdagangan lebih besar dari hari sebelumnya. Misalnya Saham X Pada Hari Senin Dibuka Pada 100 Dan Ditutup Pada 110, Berryi Rentangnya Adalah 10. Kemudian Pada Selasa, Saham X Dibuka Pada 110 Dan Ditutup Pada 130, Berryi Rentangnya 20 (Lebih Lebar). Dgn demikian, Saham X telah mengalami bullish Engulfing. Kalau pada hari selasa tsb saham X turun menjadi 90, berarti saham X telah mengalami bärisch verschlingend. Kalau dijabarin cukup panjang sih, mietenangnya juga ga hanya berdasarkan harga pembukaan als penutupan, tapi juga harga tertinggi dan terendah selama sehari perdagangan. Tp intinya sih seperti itu. Anonim iya sagt jg pngn kasih link fb, tp ga tau caranya nih. Ada yg tau maklum baru ngerti Blog. Tp kalo emag pngn sharing di fb sih silahkan kopieren paste aja, boleh kok. Trima kasih skali pak. Pak ,, kalo ada waktu tolong posten kan gmn caranya menganalisa grafik-grafik handel kaufen ato verkaufen. Maklum pak ,, masih amatiran. Pak Teguh Yth, Saya baru belajar untuk Hauptsaham, Sebagai pemula / amatir, Saya ada sedikit kebingungan dengan artikel bapak diatas jika dibandingkan dengan artikel dari web quotpojok sahamquot terlampir, sepertinya berlawanan / bertentangan. Maaf saya tdk bisa lamiran chartnya, kalau tdk keberatan bapak bisa masuk ke websitenya. Perbedannya kalau grafik Md Yang Harinya lebih pendek berada diatas justru saham akan naik dan sebaliknya. Mohon penjelasannya Pak. Penjelasan Dari Pojok Saham: Crossing Moving Average Ada juga Yang dikenal dengan Kreuzung, yaitu perpotongan antara garis MA Yang pendek dengan MA Yang Lebih panjang, contohnya perpotongan garis MA20 dengan MA50 Pada Chart berikut ini: Jika MA20 (warna merah) memotong ke bawah MA50 ( Warna hijau), maka disebut totes Kreuz. Überfahrt ini berbahaya karena merupakan tanda entah dia mau seitwärts, atau malah abwärtsströmung. Jika tot Kreuz ini diikuti harga Yang berada di bawah MA50, Lebih baik ambil posisi Wohnung (keluar Dari saham itu dulu), bahkan sebenarnya jika harga sudah di bawah MA50, apalagi kalau MA50-nya uda nunjuk ke bawah (nggak Perlu ada tot Kreuz) , Ambil 8220asuransi8221, keluar dulu duluan. Tapi tunggu dulu. Jika MA20 merkzettel hinzufügen MA50, maka kita sebut dengan goldenes Kreuz. Jika totes Kreuz bukan merupakan sündigen jual yang baik (lebih kepada jaga agar jangan rugi), goldenes Kreuz adalah selalu merupakan sinyal beli yang baik. Jika Anda ingin membeli Suatu saham hanya menggunakan satu indikator, pakailah goldenes Kreuz MA20 dengan MA50, Anda Jaga harga Jangan sampai menembus MA50, dan Harus Pada akhirnya MA50 mengarah ke atas, Anda Pasti Untung Syaratnya gampang, saham tersebut Flüssigkeit. Salam, Saya COBA gunakan Yahoo Finance pak, disana tertera indikator yg defaultnya 50, itu kn bisa kita Ubah, nah setelah Saya Ubah sesuai keinginan Saya itu tidak bs pak, itu KNP yah pak Terimah kasih log in dulu Baru bisa dirubah PERINGATAN. DILARANG Keras kopieren Paste artikel-artikel Yang disajikan di Webseite ini, baik sebagian maupun seluruhnya, KECUALI dengan: 1. Menyebutkan Nama Teguh Hidayat sebagai penulisnya, dan 2. Menyertakan Link ke teguhhidayat sebagai sumber artikelnya. Setiap pelanggaran terhadap ketentuan ini akan dituntut sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. ANALISISIERUNG PILIHAN Layanan Investor Hak Cipta Tulisan oleh Teguh Hidayat. Vorlage Jendela Gambar. Diberdayakan oleh Blogger. Peramalan (Vorhersage). Adalah seni dan ilmu memprediksi peristiwa-peristiwa yang akan terjadi dengan menggunakan daten historis dan memproyeksikannya ke masa depan dengan beberapa bentuk modell matematis. Untuk melakukan peramalan diperlukan metode tertentu dan metode Mana Yang digunakan tergantung Dari Daten dan Informasi yang akan diramal serta tujuan Yang hendak dicapai. Dalam prakteknya terdapat berbagai metode peramalan antara gelegen: Peramalan berdasarkan jangka Waktu: 1. Peramalan jangka pendek (. Kurang satu tahun, umumnya Kurang tiga bulan digunakan untuk rencana pembelian, penjadwalan kerja, Anzahl der Beiträge TK, Tingkat produksi), 2. Peramalan jangka Menengah ( Tiga bulan hingga tiga tahun. digunakan untuk perencanaan penjualan, perencanaan dan penganggaran produksi dan menganalisis berbagai rencana Operasi), 3. Peramalan jangka panjang (Tiga tahun atau Lebih, digunakan untuk merencanakan produk Baru, penganggaran modal, Lokasi fasilitas, atau ekspansi dan penelitian serta Pengembangan). Peramalan berdasarkan rencana operasi 1. Ramalan ekonomi. Membranen siklus bisnis dengan memprediksi tingkat inflasi als Indikator perencanaan lainnya, 2. Ramalan teknologi. Berkaitan dengan tingkat kemajuan teknologi dan produk baru, 3. Ramalan permintaan. Berkaitan dengan proyeksi permintaan terhadap produk perusahaan. Ram................................................. Peramalan berdasarkan metode / pendekatan: 1. Peramalan kuantitatif. Menggunakan berbagai modell matematis atau metode statistik daten historis dan atau variabel-veränderlich kausal untuk meramalkan permintaan, 2. Peramalan kualitatif. menggunakan intuisi, pengalaman Pribadi dan berdasarkan pendapat (judment) dari yang melakukan peramalan Metode peramalan: Peramalan berdasarkan metode terbagi Menjadi 2 yaitu: 1. Metode Kuantitatif Metode Peramalan Kuantitatif dapat dikelompokkan Menjadi dua jenis, yaitu: 1. M odel seri Waktu / metode Deret berkala (Zeitreihe) metode yang dipergunakan untuk menganalisis serangkaian Daten yang merupakan fungsi Dari Waktu, 2. M odel / metode kausal (kausal / Erklärungsmodell), mengasumsikan variabel yang diramalkan menunjukkan adanya hubungan Sebab akibat dengan satu atau beberapa variabel bebas (unabhängige Variable ). 1. Modell Seri Waktu / Metode Deret berkala, terbagi Menjadi: 1. Rata-rata bergerak, 2. Penghalusan eksponensial (exponentielle Glättung), 3. Proyeksi Trend (Trendprojektion) 1. Rata-rata bergerak (Moving Averages (Moving Averages) ), Rata-Rata Bergerak Sederhana (einfache gleitende Durchschnitte). Bermafa jika diasumsikan bahwa permintaan pasar tetap stabil: Rata-Rata Bergerak Tertimbang (gewichtete gleitende Mittelwerte). apabila ada pola atau Trend Yang dapat dideteksi, timbangan bisa digunakan untuk menempatkan Lebih banyak tekanan Pada nilai Baru: 2. Penghalusan eksponensial (exponentielle Glättung), Penghalusan Eksponensial. Metode peramalan dengan menambahkan Parameter alpha dalam modelnya untuk mengurangi faktor kerandoman. Istilah eksponensial dalam metode ini berasal Dari pembobotan / timbangan (faktor penghalusan Dari periode-periode sebelumnya Yang berbentuk eksponensial. 3. Proyeksi Trend (Trendprojektion) Metode proyeksi Trend dengan regresi, merupakan metode Yang dignakan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Metode ini merupakan garis Trend untuk persamaan matematis Merupakan metode peramalan yang didasarkan kepada hubungan antara variabel yang diperkirakan dengan variabel Alin yang mempengaruhinya tetapi buakn Waktu Dalam prakteknya jenis metode peramalan ini terdiri Dari:.. metode regresi dan kolerasi, merupakan metode yang digunakan baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek dan didasarkan kepada persamaan dengan Teknik kleinsten Quadrate yang dianalisis Secara Statis. Modell Input Output, merupakan metode yang digunakan untuk peramalan jangka panjang yang biasa digunakan untuk menyusun Trend ekonomi jangka panjang. Modell ekonometri, merupakan peramalan yang digunakan untuk jangka panjang dan jangka pendek . Peramalan menggunakan metoden regresi: Penggunaan metoden ini didasarkan kepada variabel yang ada und yang akan mempengaruhi hasil peramalan. Halli hal Yang Perlu diketahu sebelum melakukan peramalan dengan metode regresi adalah mengetahui terlebih dahulu mengetahui kondisi - kondisi seperti: Adanya Informasi masa lalu Informasi Yang ada dapat dibuatkan dalam bentuk Daten (dikuantifikasikan) Diasumsikan bahwa pola Daten Yang ada Dari Daten masa lalu Akan berkelanjutan dimasa Yang akan datang. Adapun Daten - Daten Yang ada dilapangan adalah: Musiman (saisonal) Horizontal (stationär) Siklus (Cylikal) Trend Dalam menyusun ramalan Pada dasarnya ada 2 macam analisis Yang dapat digunakan yaitu: Analisi Deret Waktu (Zeitreihe), merupakan analisis antaravariabel Yang dicari dengan Variabel waktu Analisis Querschnitt atau sebab akibat (Kausalmethode), merupakan analisis variabel yang dicari dengan variabel bebas atau yang mempengaruhi. Ada dua pendekatan untuk melakukan peramalan dengan menggunakan analisis Deret Waktu dengan metode regresi Sederhana yaitu: Analisis Deret Waktu untuk regresi Sederhana linier Analisis Deret untuk regresi Sederhana Yang nicht linier Untuk menjelaskan hubungan Kedua metode ini kita gunakan notasi matematis seperti: Y abhängige Variable (variabel Yang dicari) X Unabhängige Variable (variabel yang mempengaruhinya) Notasi regresi Sederhana dengan menggunakan regresi linier (garis Lurus) dapat digunakan sebagai berikut: Dimana einem dan b adalah merupakan Parameter yang Harus dicari. Untuk mencari nilai ein dapat digunakan dengan menggunakan rumus: kemudian nilai b dapat dicari dengan rumus: 2. Metode Kualitatif Metode kualitatif umumnya bersifat subjektif. Dipengaruhi oleh intuisi, emosi, pendidikan dan pengalaman seseorang. Oleh karena itu hasil peramalan dari satu orang dengan orang lain dapat berbeda. Meskipun demikian, peramalan kualitatif dapat menggunakan teknik / metode peramalan, yaitu: Juri dari Opini Eksekutif. Metode ini mengambil opini atau pendapat dari sekelompok kecil manajer puncak / obere manager (pemasaran, produksi, teknik, keuangan dan logistik), yang seringkali dikombinasikan dengan modell modell statistik. Gabungan Tenaga Penjualan. setiap tenaga penjual meramalkan Tingkat penjualan di daerahnya, yang kemudian digabung Pada Tingkat Provinsi dan Nasional untuk mencapai ramalan Secara menyeluruh. Metode Delphi. dalam metode ini serangkaian kuesioner disebarkan kepada responden, jawabannya kemudian diringkas dan diberikan kepada para ahli untuk dibuat peramalannya. Metode memakan waktu als melibatkan banyak pihak, yaitu para staf, yang membuat kuesioner, mengirim, merangkum hasilnya untuk dipakai para ahli dalam menganalisisa. Keuntungan metode ini hasilnya lebih akurat dan lebih Professionelle Sehingga Hasil Peramalan Diharapkan mendekati aktualnya. Survai Pasar (Marktuntersuchung). Masukan diperoleh dari konsumen ata konsumen potensium terhadap rencana pembelischen pada periode yang diamati. Survai dapat dilakukan dengan kuesioner, telepon, atau wawancara langsung. Memantau Ram............................ Sangat jarang manajer Yang ingin mengingat bila hasil ramalan Mereka sangat tidak akurat, tetapi Perusahaan Perlu menentukan mengapa permintaan aktual (variabel Yang diuji) Secara signifikan berbeda dari yang diproyeksikan. Salah satu cara untuk memantau peramalan guna menjamin keefektifannya adalah menggunakan isyarat arah. Isyarat Arah (Nachführsignal). adalah pengukuran tentang sejauh mana ramalan memprediksi nilai aktual dengan baik Isyarat Arah, dihitung sebagai Anzahl der Beiträge kesalahan ramalan berjalan (laufende Summe der Prognosefehler. RSFE) dibagi dengan deviasi absolut Mittelwert (MAD) prosedür Peramalan Dalam melakukan peramalan terdiri Dari beberapa tahapan khususnya jika menggunakan Metode kuantitatif. Tahapan tersebut adalah: Mendefinisikan Tujuan Peramalan Misalnya peramalan dapat digunakan Selama masa pra-produksi untuk mengukur Tingkat Dari Suatu permintaan. Membuat-Diagramm Bleistift (Plot-Daten) Misalnya Memplot Nachfrage gegen waktu, dimana Nachfrage sebagai ordinat (Y) dan waktu sebagai Achse (X). 3. Memilih vorbildliches peramalan yang tepat Melihat dari kecenderungan Daten pada Diagramm pencar, maka dapat dipilih beberapa vorbildliches peramalan yang diperkirakan dapat mewakili pola tersebut. Menghitung kesalahan ramalan (Prognosefehler) Keakuratan Suatu Modell peramalan bergantung Pada seberapa dekat nilai hasil peramalan terhadap nilai Daten Yang sebenarnya. Ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram ram. Ram ram ram ram ram ram. Y (t) Nilai Daten aktual Pada periode t Y (t) Nilai hasil peramalan Pada periode tt Periode peramalan Maka diperoleh Anzahl der Beiträge Kuadrat Kesalahan Peramalan Yang disingkat SSE (Summe der quadrierten Fehler) dan Estimasi Standar Fehler (siehe Standardfehler geschätzt) Memilih Metode Peramalan Dengan kesalahan yang terkecil. Apabila nilai kesalahan tersebut tidak berbeda Secara signifikan Pada Tingkat ketelitian tertentu (Uji statistik F), maka pilihlah Secara sembarang metode-metode tersebut. Untuk mengevaluasi apakah pola daten menggunakan metode peramalan tersebut sesuai dengan pola daten sebenarnya. METODE PERAMALAN LAINNYA Metodenmarkt Experiment (Percobaan Pasar) Yaitu suatu cara untuk membuat peramalan permintaan dengan melakukan uji coba pada segmen atau bagian pasar tertentu. Uji coba dilakukan dengan memberikan perlakuan tertentu terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan. Metode ini biasanya digunakan untuk produkt baru atau produkt yang mengalami inovasi atau pengembangan. 8211 Contoh. Pada Produk rokok Halim diberikan kepada konsumen Secara gratis Selama 1 bulan di berbagai Tempat untuk mengetahui respon konsumen terhadap produk tersebut atau memberi DisKon saat produk ini Start. Setelah respon masyarakat bagus, lalu Hilam dijual Secara bertahap yaitu Rp 2.500,00 lalu dijual Secara stabil Pada harga Rp 4.000,00 karena termasuk produk Baru oleh karena itu tetap dijual di bawah harga pasar Agar dapat Menarik MiNaT konsumen. Metode Peramalan Dengan Pendekatan Marketing Research Dalam melakukan peramalan permintaan konsumen, berbagai metode dapat digunakan terutama dengan pendekatan penelitian pemasaran (Marketing Research) karena bagian pemasaranlah Yang Secara langsung berhubungan dengan konsumen. Metode peramalan Yang sering digunakan yaitu: 8211 Umfrage Pelanggan Umfrage pelanggan merupakan Suatu metode Yang digunakan untuk mengetahui sikap dan persepsi konsumen atau pelanggan dengan cara mewawancarai konsumen Secara langsung atau memberikan kuisioner Yang sudah dipersiapkan. Biasanya juga disertakan nomer Telefon atau Alamat Pada Suatu produk Agar konsumen bisa Secara leluasa menyampaikan Saran ataupun kritik.

Comments

Popular posts from this blog

Moving Average 3 Perioden

Optionenhouse Trade Automatisierung

Option Trading Webinare